Aqiqah Kambing Dan Domba Untuk Anak

Aqiqah Kambing Dan Domba Untuk Anak

Aqiqah Kambing Dan Domba Untuk Anak

Aqiqah Kambing Dan Domba Untuk Anak
Aqiqah Kambing Dan Domba Untuk Anak

Jika sahabat aqiqah Purwakarta ingin aqiqah kambing dan domba untuk anak maka wajib menggunakan paket aqiqah di Purwakarta untuk meringankan ketika akan mengeluarkan dana, sebab banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika ingin beraqiqah menggunakan paket. Apalagi saat ini sudah banyak tempat penjualan hewan yang menyediakan paket ini, sehingga sahabat aqiqah Purwakarta tidak perlu khawatir lagi. Tentunya sahabat aqiqah Purwakarta tidak asing lagi dengan aqiqah, tentunya terdapat beberapa perbedaan mengenai aqiqah dan kurban. Hal ini masih banyak yang belum diketahui oleh orang saat ini, jadi tidak jarang banyak orang yang menganggapnya sama karena kurangnya informasi. Oleh sebab itu sebagai umat Islam yang taat maka ada baiknya jika sahabat mengetahui apa itu aqiqah dan apa perbedaannya dengan kurban sehingga tidak akan salah kaprah lagi.

Apa itu aqiqah?

Aqiqah adalah salah satu kegiatan dalam memotong hewan sesuai dengan syariat Islam pada hari ke tujuh dalam kelahiran seorang bayi, kegiatan ini nantinya juga disertai dengan pemotongan rambut dan pemberian nama untuk bayi. Hukum diadakannya aqiqah ini adalah sunnah muakkad untuk mereka yang mampu, aqiqah sendiri merupakan salah satu bentuk syukur kepada Allah SWT, hal inilah yang membedakan antara kurban dan aqiqah. Kurban sendiri tujuan pelaksanaannya adalah untuk memperingati pengorbanan nabi Ibrahim AS sedangkan aqiqah untuk mengucapkan syukur atas lahirnya bayi. Walaupun 2 kegiatan ini sama-sama menggunakan hewan ternak untuk disembelih, namun untuk kurban sendiri daging dari hewan yang disembelih tersebut wajib diberikan kepada orang yang tidak mampu sedangkan daging aqiqah dapat diberikan kepada siapa saja. Pelaksanaan aqiqah sendiri hanya dilakukan 1 kali seumur hidup sedangkan kurban dapat dilakukan setiap tahunnya, oleh sebab itu jangan sampai sahabat aqiqah Purwakarta tidak dapat membedakan kedua hal ini.

Hewan yang digunakan untuk aqiqah

Aqiqah Kambing Dan Domba Untuk Anak
Aqiqah Kambing Dan Domba Untuk Anak

Terdapat ketentuan dalam pemilihan hewan untuk aqiqah, hal ini juga yang membedakan antara aqiqah dan kurban. Untuk aqiqah sendiri hewan yang digunakan haruslah kambing atau domba, namun jika untuk kurban boleh kambing, sapi, atau unta. Jadi jika sahabat aqiqah Purwakarta ingin aqiqah janganlah menggunakan sapi, namun harus kambing. Tentunya kambing yang digunakan adalah kambing yang sehat dan tidak ada cacat, terdapat pula peraturan dalam jumlah hewan untuk aqiqah. Hal ini tentunya tidak kalah penting agar tidak terjadi kesalahpahaman, apabila bayi berjenis kelamin perempuan maka kambing yang digunakan adalah 1 ekor sedangkan jika berjenis kelamin laki-laki maka harus menggunakan 2 ekor kambing. Untuk jenis kelamin kambing juga tidak menjadi masalah sebab dapat digunakan baik jantan maupun betina, serta apabila sahabat aqiqah Purwakarta ingin menyembelih hewan aqiqah kepada orang lain maka orang yang menyembelih diperbolehkan untuk mengambil upah karena telah memberikan jasa. Namun jika dalam kegiatan berkurban hewan maka tidak boleh mengambil upah untuk penyembelihan, oleh sebab itu sahabat aqiqah Purwakarta janganlah merasa heran jika orang yang menyembelih aqiqah kambing dan domba meminta upah sebab hal ini diperbolehkan. Tentunya tidak heran jika saat ini bermunculan bisnis aqiqah di Purwakarta sangat banyak, hal ini tentunya sangat mempermudah sahabat aqiqah Purwakarta dalam mencari kambing beserta orang yang akan menyembelihkannya. Pastinya hal seperti ini mempermudah sahabat aqiqah Purwakarta dalam mengadakan acara syukuran mengingat sudah sedikit orang yang mengerti cara menyembelih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *