Kurban di Purwakarta

Kurban di Purwakarta

Kurban di Purwakarta

Kurban di Purwakarta
Kurban di Purwakarta

Kurban di Purwakarta tentu jadi hal lazim yang pastinya akan dilaksanakan ketika hari raya Idul Adha tiba. Tak hanya di Purwakarta,  bahkan di belahan daerah Indonesia dan belahan dunia lainnya pun yang beragama Islam pasti melangsungkan kegiatan ini. Kurban biasanya akan dilangsungkan dengan melakukan  pemotongan atau penyembelihan beberapa jenis hewan yang sesuai dengan ketentuan.

Sekilas tentang Kurban

Pada dasarnya,  kurban memang dilakukan pada saat hari raya Idul Adha dengan melakukan pemotongan hewan qurban. Hal ini sudah menjadi tuntutan syariat dalam Islam sekaligus untuk memperingati beberapa sejarah atau kisah nabi terdahulu. Nantinya,  daging qurban dari hewan yang disembelih akan dibagikan pada masyarakat seperti fakir miskin, ataupun yang lainnya.

Dalam melakukan qurban pun tidak boleh sembarangan,  banyak sekali ketentuan yang harus dipenuhi oleh masyarakat yang akan melangsungkan qurban.  Masyarakat tidak bisa sembarangan dalam memotong hewan, membeli hewan qurban, hingga membagikan daging hasil penyembelihan hewan kurban nantinya.

Siapa yang BerQurban?

Pada dasarnya Kurban di Purwakarta bisa dilakukan oleh siapa saja umat muslim yang memang mampu melaksanakannya. Umat muslim tidak diwajibkan untuk melakukan qurban,  namun jika seorang umat Islam mampu dan memiliki rezeki cukup makan dianjurkan untuk melakukan hal tersebut. Sehingga tidak ada hal yang memberatkan dalam keharusan berqurban. Sebab selain menjadi orang yang berqurban,  tentu harus ada juga orang yang memang menerima jatah dari hasil Qurban tersebut.

Ketentuan Qurban

Sebelum Sahabat Aqiqah Purwakarta melangsungkan Qurban,  ada beberapa ketentuan yang menyertai dari proses qurban tersebut.  Beberapanya adalah sebagai berikut:

  • Jenis Hewan Qurban

Sebelum melangsungkan Qurban,  maka Sahabat Aqiqah Purwakarta harus tahu hewan apa saja yang bisa dijadikan  hewan kurban. Pada dasarnya, hewan yang dikurbankan adalah sejenis mamalia dan herbivor.  Namun tidak semua jenis ini bisa dikurbankan. Adapun hewan yang bisa dijadikan sebagai hewan kurban adalah seperti kambing, domba,  biri-biri, sapi, kerbau atau pun onta yang memang halal untuk dikonsumsi. Sehingga, Sahabat Aqiqah Purwakarta yang akan melakukan qurban bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

  • Waktu Qurban

Pelaksanaan qurban ini tidak bisa sembarangan dan dilakukan kapan saja.  Jika berqurban makan harus pada saat idul Adha. Di mana pada tanggal 10 Dzulhijjah yang dilakukan setelah sholat Ied sampai tanggal 13 Dzulhijjah sebelum terbenam matahari. Jika penyembelihan dilakukan di luar waktu tersebut,  maka tidaklah dinamakan Qurban.

  • Syarat Penyembelihan

Sahabat Aqiqah Purwakarta pun harus mengetahuinya syarat penyembelihan ketika Kurban di Purwakarta dan daerah lainnya. Adapun ketika penyembelihan hewan kurban maka harus dilaksanakan sesuai dengan syariat Islam. Seperti dilakukan oleh orang yang memang paham dalam tatacara menyembelih, alat yang digunakan sesuai dengan ketentuan,  mengucap basmallah dan sholawat juga takbir, serta beberapa syarat dan ketentuan penyembelihan lainnya yang tidak boleh dilewatkan.

  • Pemilihan Hewan Qurban

Hal yang paling penting ketika akan qurban pun adalah memilih hewannya yang akan disembelih untuk kurban. Sahabat Aqiqah Purwakarta bisa memilih hewan untuk kurban di DZ Aqiqah, tersedia hewan seperti sapi,  sapi atau kambing. Keadaan hewan pun pastinya sehat dan sesuai dengan syariat. Untuk luar daerah pun bisa tetap melakukan pemesanan dengan sistem online dan mengunjungi websitenya. Nantinya, hewan qurban bisa langsung sahabat Aqiqah Purwakarta dapatkan. Selain untuk kurban,  tersedia juga hewan untuk aqiqah di Purwakarta sehingga bisa memudahkan bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *