Peternak Kambing Kurban di Purwakarta

Peternak Kambing Kurban di Purwakarta

Peternak Kambing Kurban di Purwakarta

Peternak Kambing Kurban di Purwakarta
Peternak Kambing Kurban di Purwakarta

Banyak hal yang harus diperhatikan ketika membeli hewan qurban. Meskipun sudah ada banyak peternak kambing kurban di Purwakarta, tetap saja anda harus berhati – hati dan pintar dalam memilih kambing untuk kurban di Purwakarta. Jika anda tidak berhati – hati, bisa saja anda ditipu dan malah mendapat hewan kurban yang tidak berkualitas namun dengan harga yang mahal.

Lalu hal apa saja yang harus anda perhatikan dalam memilih hewan kurban?. berikut penjelasannya.

  1. Perhatikan dan Ketahui Usia Hewan Kurban

Banyak hal yang harus anda perhatikan dalam memilih hewan qurban yang berkualitas. Salah satu nya adalah memperhatikan umur dari hewan kurban tersebut.

Umur hewan kurban yang baik tentu saja harus memiliki umur yang cukup dan sesuai dengan syariat Islam. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu umur hewan kurban tersebut ke peternak kambing kurban di Purwakarta. Anda juga bisa membawa kerabat yang sudah berpengalaman dalam masalah kurban, hal ini bisa dilakukan untuk menghindari penipuan.

Hewan kurban yang baik memiliki umur antara enam bulan hingga dua belas bulan, karena ketika masa – masa ini, hewan kurban memiliki kualitas yang baik dan sempurna sistem organ dan sistem reproduksinya.

  1. Perhatikan Jenis Kelamin Hewan Kurban

Selain usia, anda juga harus memperhatikan jenis kelamin hewan kurban yang akan dibeli, apalagi untuk aqiqah di Purwakarta. Dalam memilih hewan kurban aqiqah, anda harus memilih hewan kurban dengan jenis kelamin jantan yang sama sekali tidak memiliki cacat.

Untuk aqiqah, jumlah hewan kurban yang harus dibeli pun berbeda. Harus disesuaikan dengan jenis kelamin anak tersebut. Untuk anak laki – laki. jumlah hewan kurban yang haarus dipesan adalah dua ekor, dan untuk anak perempuan. Jumlah hewan kurban nya hanya satu ekor. Sehingga perhatikan juga jumlah hewan kurban yang akan anda beli untuk aqiqah.

  1. Perhatikan dan Ketahui Kesehatan Kurban yang Akan Dibeli

Dalma membeli hewan kurban untuk aqiqah, jangan sampai anda tergiur dengan harga yang murah. Bisa saja hewan kurban yang di jual murah itu kesehatannya buruk. Anda harus mencari peternak kambing kurban di Purwakarta yang merawat hewan – hewan kurbannya dengan baik dan terjaga kesehatannya. Pastikan hewan kurban yang anda beli terbebas dari segala penyakit. Baik itu penyakit dalam atau penyakit luar seperti kudisan.

Memilih hewan kurban tentu saja harus memilih yang sempurna. Jangan membeli hewan kurban yang pincang jalannya, tuli dan juga hewan tersebut tidak boleh buta. Perhatikan juga ekor dan tanduknya. Jangan membeli hewan kurban yang bagian tanduk dan ekor nya tidak utuh. Pokonya, anda harus memilih hewan kurban yang sempurna tanpa cacat sama sekali. Bahkan gigi nya juga harus utuh dan tidak ada ompong sama sekali.

  1. Pilih Hewan Kurban Yang Berisi

Selain ketiga hal di atas, anda juga harus memilih kambing yang tidak kurus dan tentunya harus berisi. Hal ini sudah disebutkan pada poin – poin sebelumnya bahwa anda harus memilih hewan kurban yang sehat dan berkualitas, karena kesehatan dan kondisi tubuh hewan kurban sangat mempengaruhi banyaknya dan kualitas daging pada tubuh hewan kurban.

Itulah beberapa tips dalam memilih hewan kurban di Peternak Kambing Kurban di Purwakarta. Yang jelas, anda tentu saja harus mengeluarkan uang lebih jika ingin kambing yang baik dan berkualitas untuk hewan aqiqah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *