Tips Memilih Peternak Domba Kambing dan Sapi di Purwakarta Untuk Kurban

Tips Memilih Peternak Domba Kambing dan Sapi di Purwakarta Untuk Kurban

Tips Memilih Peternak Domba Kambing dan Sapi di Purwakarta Untuk Kurban

Tips Memilih Peternak Domba Kambing dan Sapi di Purwakarta Untuk Kurban
Tips Memilih Peternak Domba Kambing dan Sapi di Purwakarta Untuk Kurban

Bagi anda yang akan melakukan kurban, sangat disarankan untuk mengetahui hewan kurban yang baik dan sehat. Itu tidak lain karena ketika anda hendak melakukan ibadah kurban, ada baiknya anda menggunakan hewan kurban yang berkualitas dan sehat agar tidak mengecewakan

Tips memilih peternak domba kambing dan sapi di Purwakarta

Tips memilih peternak domba kambing dan sapi di Purwakarta
Tips memilih peternak domba kambing dan sapi di Purwakarta

Ketika anda akan membeli hewan qurban seperti domba kambing ataupun sapi, tentunya anda akan datang ke pusat peternakan. Ketika telah berada di pusat peternakan tersebut, Anda memang harus pandai memilih hewan kurban. Anda tentunya tidak ingin membayangkan apabila, anda telah ikhlas dalam beribadah tetapi penerima kurban justru merasa kecewa karena daging kurban yang didapatkan tidak berkualitas dan bahkan tidak bisa dikonsumsi.

Untuk itu, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini mengenai tips memilih peternakan domba kambing dan sapi di Purwakarta untuk kurban.

  1. Peternakan tersebut menyediakan hewan ternak

Untuk dapat melakukan kurban, memang tidak semua hewan dapat dijadikan hewan kurban seperti unggas yang tidak bisa dijadikan hewan kurban. Ketika anda telah sampai di peternakan, Anda harus memastikan apabila peternakan tersebut menyediakan hewan ternak yang digunakan untuk kurban seperti domba kambing sapi hingga kerbau.

Selain itu, pastikan juga apabila hewan kurban tersebut memiliki kesehatan yang bagus dan baik sehingga dapat menghasilkan daging yang sesuai dengan harapan.

  1. Hewan telah memenuhi syarat qurban

Bagi Anda yang tinggal di Purwakarta, memang sudah tidak sulit untuk menemukan peternakan kurban di Purwakarta. Walaupun demikian anda harus memastikan apabila hewan kurban yang akan Anda pilih tersebut telah memenuhi syarat. Hal itu tidak lain karena setiap hewan kurban memiliki syarat ketentuan yang berbeda-beda.

Sebagai contohnya sapi harus memiliki usia 2 tahun untuk dijadikan hewan kurban ataupun kambing dan domba harus berusia 1 tahun. Disinilah Anda memang wajib mengetahui ketentuan syarat dari hewan yang akan digunakan untuk kurban tersebut.

  1. Hewan sudah mengalami pergantian gigi

Adapun syarat lainnya ketika anda hendak memilih hewan qurban yaitu anda harus memastikan apabila hewan kurban tersebut telah mengalami pergantian gigi seri bagian depan maupun bagian bawah.

Untuk membedakan ini, biasanya karakter gigi susu yang dimiliki oleh hewan ternak adalah kecil dan runcing. Sedangkan untuk gigi tetap sendiri berukuran besar dan rata. Nah Anda harus bertanya kepada pihak peternakan untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

  1. Tidak mengalami cacat dan kurus

Selain itu, bagi seseorang yang akan melakukan kurban, ada baiknya untuk memilih hewan yang tidak cacat ataupun kurus. Tidak cacat di sini seperti pincang, buta ataupun daun telinga tidak ada.

Hal itu tidak lain apabila seorang muslim ingin memberikan yang terbaik kepada para kaum yang membutuhkan, maka ada baiknya untuk memberikan sesuatu yang terbaik juga termasuk ketika hendak berkurban.

Hewan kurban yang sehat biasanya memiliki cuping hidung yang basah tetapi tidak dikarenakan flu. Selain itu, mereka juga memiliki bulu yang bersih dan mengkilap dengan detak jantung dan nafas yang normal.

Walaupun demikian, anda tetap harus berhati-hati, karena ada banyak oknum yang tidak bertanggung jawab menjual hewan kurban gelonggongan.

Itulah tips memilih peternak domba kambing dan sapi di Purwakarta untuk kurban. Bagi Anda yang tengah mencari hewan untuk kurban melalui berternak yang terpercaya, anda bisa mengandalkan aqiqahpurwakarta.com. Di mana tempat ini tidak hanya menyediakan hewan kurban saja tetapi juga menyediakan Paket aqiqah di Purwakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *