Harga Kambing Kurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta

Harga Kambing Kurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta

Harga Kambing Kurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta

Harga Kambing Kurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta
Harga Kambing Kurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta

Bagi kamu yang memeluk agama Islam, pasti tidak asing lagi dengan perayaan Idul Adha. Idul Adha terkedang lebih sering disebut dengan nama lebaran haji. Mengapa demikian? Ini disebabkan Idul Adha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Di hari yang sama, umat muslim juga sedang melaksanakan puncak haji.

Ada beberapa hal yang tidak bisa dilepaskan dari Idul Adha. Salah satunya adalah kegiatan berkurban. Berkurban merupakan sebuah kewajiban bagi umat Islam yang memiliki kelimpahan rezeki ( rezeki yang berlebih ). Kegiatan ini ditujukan untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan YME.

Untuk itu menjelang hari raya kurban biasanya akan ada rumah kurban dadakan. Mungkin sahabat Qurban berpikir bahwa rumah kurban adalah rumah yang dijadikan tempat untuk menyelenggarakan acara kurban. Namun pendapat itu sedikit kurang tepat. Rumah kurban merupakan tempat penjualan hewan untuk kurban.

Rumah kurban dadakan ini biasanya ada di setiap daerah. Tak terkecuali di daerah Purwakarta dan Bandung. Namun yang disayangkan, biasanya rumah-rumah kurban dadakan sedikit rawan kecurangan. Seperti halnya hewan yang tidak sesuai dengan pesanan dan kecurangan lainnya. Walaupun tidak semua rumah kurban dadakan seperti itu. Namun alangkah baiknya jika membeli hewan di rumah kurban yang sudah pasti ( bukan rumah kurban dadakan ).

Khusus bagi kamu yang tinggal di Purwakarta dan sekitarnya ada rekomendasi rumah kurban yang memiliki kualitas  dan tentunya memiliki harga yang terjangkau. Mau tahu alamat dan nama rumah kurban tersebut? Penasaran dengan harga qurban Purwakarta yang ditawarkan? Yuk perhatikan uraian berikut ini.

DZ Aqiqah

DZ Aqiqah
DZ Aqiqah

Salah satu rumah kurban yang recommended di Purwakarta adalah DZ Aqiqah. DZ Aqiqah memiliki nama yang cenderung terlihat seperti nama sebuah rumah Aqiqah. Ini dikarenakan ada kata Aqiqah di belakang namanya. Kenyataannya DZ Aqiqah memang menjual hewan untuk acara Aqiqah di Purwakarta. Namun selain itu DZ Aqiqah juga menyediakan dan menjual hewan kurban Purwakarta. Inilah yang menyebabkan DZ Aqiqah sering disebut sebagai rumah Aqiqah sekaligus rumah kurban.

Kriteria dari hewan kurban dan hewan Aqiqah juga tidak jauh beda. Ini membuat DZ Aqiqah lebih mudah dalam menjaga kualitas hewan yang ditawarkan agar sesuai dengan kriteria yang diperlukan. Hewan kurban yang dijual di rumah kurban DZ Aqiqah biasanya memenuhi syarat dan memiliki keunggulan, seperti berikut ini.

  1. Umur

Hewan kurban memiliki batas minimal umur. Untuk kambing yang boleh dikurbankan minimal berumur 1 tahun. Sedangkan untuk sapi umur minimalnya adalah 2 tahun. Patokan tersebut, juga digunakan oleh DZ Aqiqah dalam menjual hewan untuk kurban. DZ Aqiqah hanya menjual hewan-hewan kurban dengan minimal umur yang telah ditentukan.

  1. Sehat

Salah satu syarat lain dari hewan kurban yang dijual di DZ Aqiqah adalah Sehat. Sahabat kurban Purwakarta dapat melihat ini dari nafsu makan hewan, saat kita melakukan survei di rumah kurban. Semakin tinggi nafsu makan hewan, maka bisa diindikasikan bahwa hewan tersebut sehat.

Selain itu kamu bisa melihat dari kuku kaki hewan. Kuku kaki hewan yang sehat memiliki bentuk yang utuh. Dan kebanyakan hewan yang dijual di DZ Aqiqah memiliki nafsu makan yang tinggi, serta kuku kaki yang utuh.

  1. Tidak Cacat

Syarat penting dari hewan kurban ialah tidak cacat. Hewan-hewan kurban yang dijual di DZ Aqiqah tidak memiliki cacat fisik, seperti pincang. Jika sahabat kurban Purwakarta kurang yakin, sahabat bisa datang langsung ke lokasi DZ Aqiqah untuk memastikannya.

Cara memastikannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu melihat cara berdiri hewan kurban tersebut. Jika cara berdiri hewan kurban dengan kaki lurus maka hewan tersebut tidak pincang. Begitu pula sebaliknya.

  1. Memiliki Kualitas yang Baik

Kualitas baik adalah hal yang teramat penting bagi konsumen. Baik hewan kurban maupun bukan harus memiliki kualitas yang terjamin, agar menarik perhatian pembeli. Itulah yang menjadi patokan rumah kurban, DZ Aqiqah.

DZ Aqiqah selalu menjaga kualitas dari hewan yang dijual. Untuk itu, DZ Aqiqah bekerja sama dengan peternak desa untuk memasok persediaan hewan yang dijual. Seperti halnya yang kita ketahui bahwa hewan dari peternakan desa memiliki kualitas yang sangat baik.

  1. Harga yang terjangkau

Biasanya dengan kualitas yang terjamin, maka harga yang ditawarkan juga cenderung lebih mahal. Namun hal ini tidak berlaku di DZ Aqiqah. Walaupun memiliki kualitas yang terjamin baik, namun harga yang ditawarkan di DZ Aqiqah tetap terjangkau dan sesuai dengan harga yang beredar di pasaran.

Bagaimana tertarik membeli hewan kurban di DZ Aqiqah? Jika iya, langsung saja kunjungi DZ Aqiqah di RT 11 RW 3 desa Garokgek, Purwakarta. Sahabat kurban Purwakarta, bisa bertanya-tanya dan memastikan terlebih dahulu. Apakah hewan kurban yang dijual sesuai dengan yang telah dijelaskan di atas?

Harga Hewan Kurban

Hewan yang biasa dikurbankan adalah hewan-hewan ternak. Hewan ternak yang diperbolehkan untuk kurban hanya mencakup tiga jenis hewan. Hewan-hewan kurban tersebut, yaitu sapi, kambing dan unta. Namun biasanya hewan yang sering digunakan untuk kurban adalah kambing. Ini dikarenakan harga kambing yang cenderung lebih murah dibandingkan harga sapi dan unta.

Namun kira-kira berapa ya, harga kambing kurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta? Kemudian berapa harga hewan kurban Purwakarta yang lainnya? Apakah mahal? Yuk simak jawabannya, berikut ini.

  1. Kambing

    Kambing
    Kambing

Harga hewan kurban biasanya disesuaikan dengan besar ( berat hewan ). Semakin besar hewan yang dipilih, maka semakin mahal pula harganya. Seperti halnya harga kambing di Purwakarta, saat ini.

Harga kambing biasanya dijual berdasarkan rentang berat badannya. Contohnya adalah sebagai berikut.

  • Kambing dengan berat antara 25 – 27 kg.

Untuk kambing dengan berat 25 – 27 kg dijual dengan harga sekitar 2,3 juta rupiah.

  • Kambing dengan berat antara 28 – 34 kg

Untuk kambing dengan berat 28 – 34 kg biasanya dijual dengan harga 2,8 juta rupiah.

  • Kambing dengan berat badan antara 35 – 40 kg

Kambing dengan rentang berat ini, biasa dijual dengan harga sekitar 3,5 juta rupiah.

  1. Sapi

    Sapi
    Sapi

Walaupun sama-sama dijual berdasarkan berat badannya, namun cara penghitungan harga jual sapi dan kambing berbeda. Sapi dijual dengan hitungan harga per kilogram. Berikut merupakan harga sapi berdasarkan jenisnya.

  • Sapi Jawa

Sapi Jawa memiliki berat badan sekitar 200 sampai 350 kg. Sedangkan harga per kilonya adalah 70 ribu rupiah.

  • Sapi Madura

Sapi Madura memiliki berat dan harga yang sama dengan sapi Jawa. Berat sapi Madura ini antara 200 sampai 350 kg dengan harga 70 ribu untuk satu kilogramnya.

  • Sapi Bali

Karena sama-sama sapi, berat sapi Bali pun tak jauh berbeda dengan sapi Jawa dan Madura, yaitu 200 sampai 300 kg. Begitu juga halnya dengan harga. Namun harga sapi Bali ini sedikit lebih murah, yaitu 68 ribu rupiah per kilogramnya.

Itulah dua hewan yang biasa digunakan untuk kurban di Indonesia. Hal ini dikarenakan unta tidak hidup di Indonesia. Jadi Bagaimana sudah dapat memperkirakan harga kambing kurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta? Kemudian apa pendapatmu tentang harga qurban Purwakarta? Apakah masih tergolong mahal? Jika tidak, selamat menabung. Semoga tahun ini dan seterusnya sahabat bisa berkurban untuk menyempurnakan ibadah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *