Harga domba qurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta

Harga domba qurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta

Harga domba qurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta

Harga domba qurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta
Harga domba qurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta

Idul Adha akan semakin dekat, tentunya semakin dekatnya hari raya Idul Adha, Sahabat Qurban Aqiqah akan semakin sering untuk menemui banyak sekali pedagang – pedagang binatang qurban, salah satunya yang paling banyak adalah pedagang hewan qurban kambing atau domba.

Namun, tentunya semakin banyak pedagang hewan qurban, sahabat qurban aqiqah juga harus semakin berhati – hati dalam memilih hewan qurban yang nantinya akan Sahabat qurbankan, mengingat setiap pedagang tentunya memiliki asal hewan qurban yang tidak sama, lingkungan yang tidak sama, dan tentu saja kualitas yang tidak sama. Maka dari itu, sahabat qurban Purwakarta tidak hanya perlu memperhatikan harga qurban Purwakarta, namun juga dengan bagaimana cara memilih hewan Qurban Purwakarta tersebut.

Nah, setelah Sahabat Qurban Purwakarta mengetahui bagaimana cara membeli hewan qurban yang baik dan sesuai, ada baiknya Sahabat juga mengetahui jenis – jenis hewan qurban yang akan dikurbankan. Khususnya domba sebab domba merupakan hewan qurban yang penjualnya tertentu dan jenisnya tidak familiar dengan hewan – hewan qurban yang lainnya.

Untuk itu, selain membahas mengenai Harga domba qurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta, Saya juga akan membahas mengenai jenis – jenis domba apa saja yang biasanya diperjualbelikan untuk hewan qurban. Penasaran? Yuk, simak informasinya berikut ini ya!

Domba Garut

Domba Garut
Domba Garut

Domba garut merupakan salah satu jenis domba yang menurut pakar domba merupakan hasil persilangan segitiga dengan asal hewannya yaitu dombo local ( domba yang asli dari Indonesia ), domba cape atau dikenal sebagai capstaad ( domba berekor gemuk atau kibas ) yang berasal dari Afrika Selatan dan juga domba Merino yang asalnya berasal dari Asia Kecil. Domba garut ini merupakan domba yang sudah ada sejak pertengahan abad ke 19 dan dipelopori oleh Adipati Limbangan Garut, maka dari itu dinamakan dengan domba Garut.

Seiring berjalannya waktu, domba Garut ini kemudian memiliki keragaman jenis dengan domba – domba garut lainnya. Salah satunya adalah bentuk tanduk yang melingkar ke bawah yang merupakan keturunan dari domba merino.

Ciri – ciri domba garut :

  • Tubuh besar, lebar, leher kuat, dahi konveks
  • Tanduk besar dan kuat, melengkung ke bawah, betina tidak bertanduk, telinga sedang.
  • Untuk jantan sekitar 40 – 80 kg, untuk betina 30 – 40 kg.
  • Kulitnya merupakan kulit dengan kualitas yang cukup baik

Nah, untuk sahabat qurban purwakarta yang tertarik berqurban dengan hewan domba jenis domba garut ini, harga yang dipatok yakni sekitar 2,5 juta rupiah.

Domba Texel Wonosobo

Jenis domba yang kedua adalah domba texel wonosobo atau yang lebih dikenal dengan nama domba dombos. Dombos sendiri memiliki arti Domba Texel Wonosobo. Beberapa ciri khas yang ditampilkan oleh domba dombos ini antara lain memiliki bulu wol yang sangat keriting namun halus dan berbentuk spiral dengan warna putih., bagian perut bawahnya tidak tertutupi oleh bulu , dan demikian pada keempat kaki dan juga kepalanya, memiliki postur tubuh yang tinggi dan juga besar serta leher yang panjang dengan ekor yang kecil. Domba dombos ini dianggap sebagai salah satu domba yang berkualitas karena dikenal sebagai domba yang berpotensi menghasilkan banyak daging, dan ini tentunya akan sangat cocok dengan nuansa qurban idul adha agar banyak masyarakat yang membutuhkan yang juga menerima daging qurban ini. untuk satu ekor domba dombos ini diperkirakan dihargai dengan harga mulai dari 2,1 juta rupiah.

Domba Batur Banjarnegara

Harga domba qurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta 

Domba batur Banjarnegara

Jenis domba yang ketiga adalah domba batur Banjarnegara atau yang lebih dikenal dengan domba domas. Domba domas ini dikenal sebagai domba yang merupakan hasil persilangan dari domba – domba yang sudah ada lebih dulu, yakni domba ekor tipis atau domba gembel, domba Suffolk, dan juga domba texel.  Domba domas ini, baik jantan atau betinanya dipercaya sebagai penghasil daging yang baik dan sangat cocok untuk dijadikan hewan qurban pada saat idul adha.

Berikut ini adalah beberapa ciri domba batur atau domba domas, antara lain :

  • Tubuh besar dan juga panjang
  • Kaki pendek dan kuat
  • Baik jantan maupun betina tidak memiliki tanduk
  • Kulit lebih tipis
  • Warna bulu dominan putih, menutupi seluruh bagian tubuh domba
  • Berat badannya cukup besar. Yakni 90 – 140 kg untuk jantan dan 60 -80 kg untuk betinanya. Besar bukan?

Nah, bagi sahabat yang berkaitan dengan domba domas ini, domba domas ini dihargai dengan harga mulai dari 2,5 juta rupiah per ekornya.

Domba Ekor Tipis

Jenis domba yang selanjutnya adalah domba ekor tipis. Dimana domba ini merupakan domba asli Indonesia yang seringkali disebut sebagai domba gembel. Atau dalam Bahasa inggris lebih dikenal dengan sebutan Javanese Thin Tailed Sheep.

Berikut ini adalah ciri – ciri dari domba ekor tipis, antara lain :

  • Domba dengan tubuh kecil
  • Berat badan hanya sekitar 30 – 40 kg untuk jantan dan 15 – 20 kg untuk betina
  • Bulu wol berwarna putih dan terdapat warna kehitaman di sekeliling mata, hidung, dan beberapa bagian lain.
  • Tidak ada deposisi lemak pada bagian ekor
  • Telinganya hanya sebatas ukuran kecil sampai dengan medium
  • Tanduk melingkar pada domba jantan sedangkan untuk domba betina tidak bertanduk.

Untuk sahabat qurban yang berminat dengan domba jenis ini, domba jenis ini dapat dengan mudah ditemukan dengan harga yang bervariatif sesuai dengan tempat sahabat membeli, kisaran harganya mulai dari 900 ribu rupiah.

Domba Ekor Gemuk 

Jenis domba lain yang biasanya dijadikan sebagai hewan qurban adalah domba ekor gemuk atau seringkali dikenal sebagai domba kibas. Domba ini juga seringkali disebut sebagai domba donggala. Domba ini memang asli berasal dari asia barat yang kemudian seiring berjalannya waktu dibawa oleh para pedagang India menuju ke Indonesia.

Domba ekor gemuk ini biasanya berkembang di daerah Jawa Timur, Madura, Sulawesi, serta Nusa tenggara ( Lombok ) namun seiring berjalannya waktu, kini sudah banyak daerah menjadi tempat berkembangnya jenis domba ekor gemuk ini.

Berikut ini adalah ciri – ciri domba ekor gemuk, antara lain :

  • Badannya berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan domba lokal lainnya.
  • Berat domba mencapai 40 sampai dengan 60 kg untuk jantan, sedangkan untuk betina sekitar 25 – 50 kg
  • Tinggi badan sekitar 52 sampai dengan 65 cm untuk jantan sedangkan untuk betina dalam rentang ukuran 47 – 60 cm.
  • Bulunya berwarna putih dan juga kasar
  • Ekornya besar, panjang, lebar, dada terlihat serasi, domba jantan dan betina tidak bertanduk, kalaupun bertanduk itupun sangat sedikit, tahan terhadap panas dan juga kering.

Untuk sahabat yang penasaran, biasanya domba ekor gemuk ini dijual dengan rentang harga mulai dari 1,1 juta rupiah per ekornya.

Nah, itu dia informasi jenis serta harga domba qurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *