Biaya qurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta

Biaya qurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta

Biaya qurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta

Biaya qurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta
Biaya qurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta

Halo Sahabat Qurban Purwakarta. Tanpa kita sadari, kini idul adha akan semakin dekat. Dan tentunya, bagi masyarakat yang berniat untuk berkurban, telah mencari – cari informasi berupa hal yang berhubungan dengan qurban nantinya. Mulai dari bagaimana cara memilih jenis hewan qurban, hewan qurban yang ingin dikurbankan nantinya, pertimbangan biaya, dan lain sebagainya. Semua hal tersebut berlaku bagi masyarakat di mana saja. Salah satunya masyarakat juga ingin tahu mengenai biaya qurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta, karena tentunya tidak memiliki harga yang signifikan.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai harga Qurban Purwakarta, sebenarnya sahabat dapat mencari referensi di internet, namun memang kebenarannya belum tentu terjamin. Karena tentunya, setiap hewan qurban memiliki harga detail yang berbeda – beda karena kualitas di tiap tempat pembelian pun berbeda pula kualitasnya. Nah, untuk itu, saat ini Saya akan membahas mengenai harga qurban hewan qurban di bandung dan juga hewan qurban Purwakarta, secara lebih mendetail. Diharapkan setelah membaca ini, Sahabat qurban purwakarta tidak lagi kebingungan dalam menentukan hewan qurban. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak informasi berikut ini mengenai biaya qurban 2019 dan 2020 Bandung dan Purwakarta.

Hewan Qurban Sapi

Hewan Qurban Sapi
Hewan Qurban Sapi

Sapi merupakan salah satu hewan yang diperbolehkan untuk dikurbankan di hari raya idul adha.  Sapi dianggap sebagai perwujudan qurban untuk 7 orang di dalam kegiatan berqurban. Sehingga, dengan 1 sapi, Sahabat Qurban Purwakarta bisa memberikan 7 nama atas sapi yang dikurbankan.

Nah, untuk sapi sendiri, memiliki berbagai jenis yang tentunya memiliki harga yang berbeda pula. Berikut ini adalah beberapa jenis sapi yang biasanya digunakan sebagai hewan qurban pada saat idul adha.

  • Sapi Limosin

Sapi limosin merupakan salah satu jenis sapi dengan harga yang paling tinggi. Namun, Sahabat Qurban tidak perlu risau karena harganya yang tinggi sebab hal ini sebanding dengan kualitas yang diberikan. Sapi limosin ini memiliki perawakan yang lebih tinggi dan juga otot yang lebih besar jika dibandingkan dengan sapi yang lainnya.  Sapi ini memang sengaja dikembangkan di negara Prancis untuk mendapatkan kualitas asupan yang lebih baik. Biasanya sapi limosin ini dibeli dan dikurbankan oleh para kalangan pejabat dan orang penting.

  • Sapi Madura

    sapi madura
    sapi madura

Jenis sapi kedua adalah sapi Madura. Sapi Madura ini memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga sapi limosin. Namun, tentunya kualitas yang diberikan tidaklah murahan. Sapi ini dikenal dengan dagingnya yang tebal, memiliki tulang yang kecil, serta kandungan lemaknya yang lebih rendah dibandingkan dengan daging jenis sapi – sapi yang lainnya. Sapi Madura ini merupakan salah satu sapi favorit untuk para masyarakat yang sedang berburu sapi untuk dikurbankan di hari raya Idul Adha.

  • Sapi Simental

Jenis sapi ketiga yaitu adalah sapi Simental. Sapi ini juga merupakan sapi jenis besar seperti sapi limosin. Sapi Simental ini merupakan sapi yang berasal dari negara Switzerland tepatnya di kawasan Simme. Sapi Simental ini memang memiliki fisik yang mendukung seperti badannya yang besar juga padat berisi.

  • Sapi Sumba Ongole

Sapi jenis Sumba Ongole merupakan jenis sapi yang juga masuk ke dalam jenis sapi besar dan merupakan sapi khas Indonesia yang banyak ditemui saat pelaksanaan qurban di hari Raya Idul adha.

Nah, untuk harga sapi qurban, biasanya dikategorikan berdasarkan kelas yang dibuat atas dasar berat si sapi tersebut, berikut ini adalah detailnya.

  • 260 kg sampai dengan 290 kg : kisaran harga mulai dari 18 juta rupiah sampai dengan 21 juta rupiah.
  • 291 kg sampai dengan 320 kg : kisaran harga mulai dari 20 juta rupiah sampai dengan 23 juta rupiah
  • 321 kg sampai dengan 350 kg : kisaran harga mulai dari 21 juta rupiah sampai dengan 24 juta rupiah.
  • 350 kg sampai dengan 400 kg : kisaran harga mulai dari 23 juta rupiah sampai dengan 26 juta rupiah.
  • 450 kg sampai dengan 500 kg : kisaran harga mulai dari 25 juta rupiah sampai dengan 29 juta rupiah.
  • 550 kg sampai dengan 600 kg : kisaran harga mulai dari 30 juta rupiah sampai dengan 36 juta rupiah.
  • Diatas 600 kg : kisaran harga mulai dari 34 juta rupiah sampai dengan 37 juta rupiah.

Kambing / Domba

Selanjutnya, disini Saya juga akan membahas mengenai jenis kambing apa saja yang biasanya digunakan sebagai hewan qurban di hari Idul Adha.

  • Kambing Jawarandu

Kambing Jawarandu merupakan jenis kambing pertama yang ada Indonesia. Kambing Jawarandu ini juga dikenal sebagai kambing Bligon, Kambing Gumbolo, Kambing Kacukan, dan juga Kambing Koplo. Kambing Jawarandu ini merupakan kambing ternak yang merupakan hasil persilangan antara kambing jenis kacang dan juga jenis kambing Peranakan etawa. Oleh karena itu, bentukan dari kambing Jawarandu ini merupakan kambing yang memiliki kesamaan dengan kambing kacang – kacang namun dengan ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan kambing kacang aslinya.

  • Kambing Kacang

Jenis kambing kedua yang sangat populer yang ada di Indonesia adalah Kambing kacang. Kambing ini merupakan kambing yang merupakan indukan dari kambing Jawa Randu yang telah Saya bahas sebelumnya. Kambing kacang ini memang banyak dibudidayakan oleh sebagian masyarakat Indonesia dan dianggap sebagai ras yang unggull dari Indonesia.

Tinggi dari kambing kacang ini yakni sekitar 65 cm dengan bobot 20 sampai dengan 30 kg saja dan memang badanya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan perankannya, yakni kambing jawarandu.

  • Kambing Etawa

Kambing etawa ini merupakan kambing yang berasal dari India, kambing etawa ini merupakan kambing yang cukup tinggi dengan tinggi 90 sampai dengan 127 cm dan sering juga disebut dengan kambing Jamnapari. Kambing etawa ini juga dikenal sebagai  kambing dengan penghasil susu yang baik.

  • Kambing Boer

Kambing Boer ini merupakan kambing yang dikenal sebagai kambing yang cepat tumbuh dibandingkan dengan kambing – kambing yang lainnya. Hanya dalam usia 5 sampai dengan 6 bulan saja sudah mencapai 35 sampai 45 kg. nah, apabila kambing ini dibiarkan lebih lama sekitar 2 sampai 3 tahun, maka bobot kambing ini bahkan mampu mencapai 12 kg sampai dengan 150 kg.

Untuk kambing sendiri, biasanya dijual dengan harga yang disesuaikan dengan umur si kambing. Berikut adalah detailnya.

  • 3 – 4 bulan sekitar 1 juta rupiah.
  • 4 – 5 bulan sekitar 1,2 juta rupiah
  • Kurang dari 7 bulan sekitar 1,5 juta rupiah
  • 8 – 12 bulan sekitar 2 juta rupiah
  • 10 – 14 bulan sekitar 2,5 juta rupiah

Demikian informasi mengenai hewan qurban. Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *