Harga Sapi Kurban 2019 dan 2020 di Bandung dan Purwakarta

Harga Sapi Kurban 2019 dan 2020 di Bandung dan Purwakarta

Harga  Sapi Kurban 2019 dan 2020 di Bandung dan Purwakarta

Harga  Sapi Kurban 2019 dan 2020 di Bandung dan Purwakarta
Harga  Sapi Kurban 2019 dan 2020 di Bandung dan Purwakarta

Hewan qurban Purwakarta — Lebaran Fitri telah usai. Saatnya menyongsong lebaran idul Adha beberapa saat lagi. Bagi Sahabat Qurban Purwakarta yang berkecukupan, berkurban lebih dianjurkan. Dalam Islam, lebaran Idul Adha ditandai dengan tradisi berkurban yang meneladani Nabiyullah Ibrahim AS yang saat itu mendapatkan perintah dari Allah untuk menyembelih putra semata wayangnya, Nabiyullah Ismail. Allah ingin menguji seberapa besar ketaqwaan dan kepasrahan Nabi Ibrahim kepada Allah sampai-sampai beliau bersedia untuk menyembelih putranya. Namun, Allah mengantarkan domba dari langit sebagai pengganti putranya yang kemudian disembelih. Tradisi ini kemudian diabadikan dalam lebaran idul Adha.

Bagi Sahabat Kurban Purwakarta yang ingin berkurban, pastinya harus lebih selektif dalam memilih hewan kurban yang dalam kesempatan kali ini dikhususkan untuk sapi. Ya, selain kambing, hewan yang sering dikurbankan adalah sapi. Pemilihan hewan kurban yang tepat salah satunya berpengaruh pada kualitas daging yang akan dibagikan. Anda bisa mendapatkan harga sapi kurban 2019 dan 2020 di Bandung dan Purwakarta yang harganya ekonomis namun tetap berkualitas dengan beberapa pertimbangan berikut ini.

  1. Langkah pertama adalah memastikan bahwa hewan tersebut masuk dalam kategori hewan kurban seperti sapi, unta, domba, kerbau, kambing yang memang sudah sesuai dengan ketentuan syariat. Memilih hewan yang sesuai anjuran agama adalah keharusan. Dimana hewan tersebut jelas kepemilikannya atau asal usulnya jangan sampai hewan kurban adalah hewan yang diperoleh dengan cara yang kurang baik.
  2. Mari kita tengok apakah hewan kurban baik itu sapi atau kambing atau jenis hewan yang lain sudah memenuhi syarat umur untuk dikorbankan ataukah belum. Hewan kurban Purwakarta yang belum siap  dikorbankan tidak seharusnya dipilih untuk dijadikan hewan kurban. Syarat usia masing-masing hewan kurban berbeda-beda, antara satu dengan yang lain, untuk domba dan kambing siap dikorbankan setelah berusia 1 tahun, untuk sapi atau kerbau saat berusia dua tahun, dan untuk unta saat berusia 5 tahun. Selain karakteristik tersebut, secara fisik bisa diamati dari bagaimana karakteristik gigi dari masing-masing hewan kurban. Untuk hewan yang dikurbankan sebaiknya Sahabat cek terlebih dahulu kondisi giginya. Gigi hewan kurban yang sudah mengalami pergantian gigi seri bagian bawah dan depan, yang semula gigi tersebut runcing bentuknya lalu berubah menjadi rata dan besar ukurannya, berarti gigi tersebut telah mengalami pergantian dan bisa dipastikan siap untuk dikurbankan.
  3. Hewan yang dikurbankan sudah semestinya dalam kondisi sehat. Hewan tersebut tidak sedang flu, demam, mengalami  kudisan, ingusan, mata cekung, lemas, diare, serta bulunya yang kusam dan tampak tidak sehat. Selain pertimbangan tersebut, hewan kurban yang dimaksudkan harus dalam kondisi yang tidak cacat serta gemuk agar daging yang dibagikan cukup. Tentunya, dalam berkurban Sahabat Kurban Purwakarta tidak ingin setengah-setengah dalam memberi, namun ingin total dan memberikan  yang terbaik.
  4. Amati penampilan fisik hewan kurban dimana hewan yang cuping hidungnya dalam kondisi basah yang memang tidak disebabkan flu, detak jantungnya dalam keadaan normal, dan bulu di seluruh badannya bersih, lebih direkomendasikan daripada dengan hewan kurban yang mengalami ciri-ciri tampilan fisik sebaliknya.

Kriteria hewan kurban berkualitas di atas sebaiknya dimiliki oleh hewan yang akan Sahabat jadikan kurban. Hewan dengan kualitas tersebut akan memberikan kualitas daging yang baik dalam jumlah yang mencukupi dan bisa dibagikan ke penerima dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Tips di atas adalah berkaitan dengan lokasi pemilihan hewan kurban. Selain pertimbangan tersebut, ada lagi pertimbangan lain yang berasal dari luar (hewan kurban), apa saja itu?

–         Pilih lokasi pembelian hewan kurban yang tepat

Pilih lokasi pembelian hewan kurban yang tepat
Pilih lokasi pembelian hewan kurban yang tepat

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih lokasi pembelian yang tepat. Tempat pembelian hewan kurban Purwakarta tentu saja banyak, tidak hanya ada di satu spot. Sahabat bisa menyeleksi mana dari sekian banyak hewan kurban di atas yang merupakan penyedia hewan kurban profesional. Adapun profesionalitas penyedia jasa bisa Sahabat perhatikan dari seberapa banyak hewan kurban yang disediakan untuk memudahkan pemilihan hewan kurban. Bagaimana kondisi fisik hewan kurban tersebut, dan apakah stok hewan kurban yang ada dalam kondisi sehat. Bagi calon pembeli, penyedia hewan kurban dengan harga yang ekonomis tentunya sangat dipertimbangkan dibandingkan dengan yang menjual hewan kurban dengan harga yang selangit. Terlebih lagi, perhatikan apakah hewan kurban yang disediakan adalah apakah penyedia jasa tersebut bersikap welcome terhadap klien ataukah sebaliknya. Dari beberapa pertimbangan tersebut, Sahabat akan paham apakah penyedia jasa yang bersangkutan profesional  atau justru sebaliknya.

–         Sesuaikan dengan kemampuan masing-masing

Sesuaikan dengan kemampuan masing-masing
Sesuaikan dengan kemampuan masing-masing

Ya, berkurban memang dianjurkan bagi umat Islam yang mampu dan ingin membersihkan diri dan hartanya. Namun, ini tidak berarti berkurban harus melampaui kapasitas diri masing-masing. Cobalah untuk mengukur seberapa besar kemampuan diri sendiri dan tidak sampai mengorbankan kepentingan yang lain. Jika memang saat ini kemampuan diri cukup untuk membeli kambing saja, maka kita tangguhkan dulu niat untuk membeli sapi sebagai hewan kurban. Lain kali, jika ada kesempatan dan rejeki berlebih, Sahabat Kurban Purwakarta bisa membeli hewan kurban yang sesuai keinginan.

–         Jangan tergiur harga murah

Sebagai pembeli tentu Sahabat Kurban Purwakarta ingin mendapatkan harga yang ekonomis. Harga yang ekonomis berarti lebih menghemat pengeluaran. Namun, harga yang murah tidak menjamin apakah barang yang Sahabat dapatkan adalah produk terbaik. Untuk itu, cobalah untuk membeli hewan kurban yang memang antara kualitas dan harganya seimbang. Hindari membeli hewan kurban yang dijual dengan harga ekonomis namun tidak memenuhi kualifikasi hewan kurban yang Sahabat inginkan.

–         Pertimbangkan bagaimana respon eks-pelanggan

Sebelum berkurban, tentu Sahabat akan sharing dengan teman atau dengan Sahabat yang sudah terlebih berpengalaman. Anda bisa meminta pertimbangan dimanakah kiranya tempat membeli hewan kurban yang profesional dalam melayani pelanggan dengan harga sapi kurban 2019 dan 2020 di Bandung dan Purwakarta yang sesuai keinginan. Pertimbangkan bagaimana testimony pelanggan terdahulu dan mintalah rekomendasi lokasi pembelian yang tepat agar lebih menghemat waktu Anda untuk survey. Atau, jika tidak ada pihak di kanan-kiri Sahabat yang bisa memberikan informasi yang lengkap, cukup dengan mengunjungi website penyedia hewan kurban di Bandung dan Purwakarta dan amati bagaimana testimony penyedia jasa yang bersangkutan.

Berkurban adalah momen berbagi. Momen dimana Sahabat sekalian menyisihkan rejeki untuk membeli hewan kurban yang nantinya dagingnya akan dibagi-bagikan. Penyembelihan hewan kurban di dahului dengan sholat idul Adha yang sebelumnya disunnahkan untuk melaksanakan puasa Tarwiyah dan Arafah. Dapatkan hewan kurban yang tepat dengan cara membelinya di tempat yang tepat, mengecek kondisi fisik hewan kurban, dan memilih hewan yang gemuk ukurannya agar lebih banyak daging yang dibagikan. Dan, yang paling penting dari semua itu adalah tulusnya niat untuk berkurban yang diiringi sikap tidak ingin riya’ dan selalu rendah hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *