Harga Sapi Qurban Purwakarta

Harga Sapi Qurban Purwakarta

Dalam islam, setiap ibadah yang dilakukan tentunya memiliki makna. Mulai dari sholat, puasa, dan ibadah – ibadah yang lainnya. Demikian pula dengan qurban. Qurban ini tak hanya sekedar mengenai penyembelihan hewan saja, kemudian daging hewan qurban tersebut dibagikan pada yang membutuhkan. Namun, qurban juga memiliki makna yang tentunya mencakup habluminallah dan habluminannas. Makna yang ada ini tentunya memberikan nilai tersendiri bagi yang melaksanakannya. Karena makna qurban erat kaitannya dengan nilai – nilai kehidupan. Oleh karena itu, pelaksanaan qurban ini hendaknya dianjurkan untuk dilaksanakan terutama bagi yang memiliki rezeki lebih. Jika tahun ini masih belum bisa melaksanakan, maka bisa mencoba tahun depan untuk melaksanakannya. Mengumpulkan segenap niat, kemudian berusaha menyisihkan rezeki sedikit demi sedikit. Insyaallah, akan dimudahkan oleh Allah SWT atas niat yang sudah diyakini tersebut.

Makna Qurban

  1. Meningkatkan Ketaqwaan

Qurban dapat meningkatkan ketaqwaan karena ibadah qurban ini bermaksud untuk mengajak umat islam agar menjalankan perintah – Nya guna meningkatkan keimanan serta menghindarkan diri dari sifat nafsu dunia. Sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan putra tercintanya demi menjalankan perintah Allah. Oleh karena itu, dengan meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim, diharapkan mampu merelakan sebagian hartanya sebagai bentuk ketaqwaan terhadap sang pencipta.

  1. Mengajarkan Saling Berbagi

Qurban diartikan sebagai momen saling berbagi karena pada saat momen ini yang cukup memberi kepada yang kurang. Seperti membagikan daging qurban ke orang yang tidak mampu. Selain itu, melalui qurban ini sahabat Aqiqah Purwakarta dapat belajar untuk lebih peka terhadap lingkungan yakni dengan memperhatikan orang lain yang ekonominya kurang serta menjauhi sifat kikir atau pelit.

  1. Memupuk Rasa Empati

Melaksanakan qurban menjadi salah satu amalan  yang dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap sesame. Apabila sahabat aqiqah Purwakarta termasuk orang yang memiliki harta yang cukup, maka hendaknya menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk berqurban. kemudian daging qurban tersebut nantinya akan dibagikan kepada orang – orang yang membutuhkan.

  1. Sebagai Ladang Pahala

Pada saat pelaksanaan qurban, qurban menjadi salah satu amalan yang disukai oleh Allah dan memiliki pahala yang luar biasa. Sehingga tak heran jika menjelang datangnya idul adha umat islam berlomba – lomba untuk mendapatkan pahala melalui ibadah qurban. Tentu saja dalam pelaksanaan qurban ini hanya yang ikhlaslah yang mendapatkan pahala, bukan yang hanya sekedar ingin pamer harta kepada tetangga.

  1. Sarana Belajar Ikhlas

Qurban menjadi sarana untuk belajar ikhlas karena terdapat makna yang mendalam pada ibadah qurban ini, anatara lain mengenai keikhlasan dan pengorbanan. Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail adalah salah satu contoh bagaimana seorang hamba merelakan jiwa dan raganya untuk menjalankan perintah dari Allah. Untuk itulah qurban dilaksanakan karena ibadah qurban mengajarkan untuk belajar ikhlas mengorbankan apa yang mereka miliki dan apa yang mereka cintai.

Keharusan dan Larangan Bagi Orang Yang Berqurban

Suatu amal ibadah sudah seharusnya didahulukan dengan niat untuk membedakannya dengan adat atau kebiasaan, demikian pula dengan ibadah qurban. Qurban tidaklah sah tanpa niat. Oleh karena itu, hendaknya berniat sebelum menyembelih. Telah mencukupi bahwa niat adalah di hati. Tidak disyaratkan melafalkan niat dengan lisan karena niat adalah amalan hati dan pengucapan di lisan merupakan petunjuk bagi amalan di hati. Ini menunjukkan bahwa bagi setiap umat muslim yang hendak melakukan ibadah qurban, diharuskan untuk meniatkannya. Dan apabila bulan Dzulhijjah telah tiba yang ditunjukkan dengan terlihatnya bulan sabit atau hilal, maka diharamkan bagi orang yang hendak berqurban memotong rambut, kuku serta kulitnya meskipun hanya sedikit hingga setelah ia selesai melaksanakan penyembelihan qurban. Larangan tersebut berlaku untuk cara apapun dan untuk bagian manapun. Mencakup larangan mencukur gundul atau sebagian saja atau sekedar mencabutinya. Baik rambut itu tumbuh di kepala, kumis dan bagian yang lain. Hukum ini hanya berlaku bagi orang yang akan berqurban. jika ada orang yang ingin berqurban terlanjur mengambil atau memotong sebagian rambut, kuku atau kulitnya, maka kewajibannya hanya bertaubat dan berniat untuk tidak mengulanginya lagi. Namun, tidak ada denda untuknya dan pelanggaran ini tidak menghalangi untuk berqurban.

Sapi Qurban Purwakarta

Sapi qurban yang ditawarkan di Purwakarta ini sangat beragam sekali. Mulai dari harga sapi qurban Purwakarta hingga jenis sapi qurban yang ada di Purwakarta. Namun, bagi sahabat aqiqah Purwakarta yang hendak mencari hewan qurban dengan harga yang terjangkau dan berkualitas. Tak perlu khawatir, karena DZ Aqiqah Purwakarta menyediakan hewan qurban Purwakarta dengan harga yang terjangkau disertai kualitas yang terbaik. Tak hanya itu, selain menyediakan hewan qurban Purwakarta dengan harga yang relatif murah, disini juga menyediakan hewan aqiqah Purwakarta serta jasa aqiqah Purwakarta yang harganya juga cukup terjangkau. Untuk jenis hewan yang disediakan terdapat 3 pilihan, yakni sapi, domba dan kambing. Masing – masing hewan tersebut juga memiliki jenis tersendiri. Salah satunya ialah sapi. Sapi memiliki jenis yang berbeda – beda. Ada 3 jenis sapi yang disediakan, yakni jenis sapi Jawa, sapi Madura dan sapi Bali. Untuk harga sapi qurban Purwakarta yang ditawarkan juga terjangkau. Informasi lebih detailnya terkait jenis sapi beserta harganya, simak informasi dibawah ini.

  1. Sapi Jawa

Sapi jawa ini hidup berkelompok di hutan yang pepohonannya tidak padat. Makanannya ialah rumput, dedaunan, buah atau terkadang ranting muda. Sapi jawa jantan memiliki kulit yang berwarna hitam kebiruan atau cokelat gelap. Sedangkan yang betina berkulit cokelat kemerahan dan memiliki garis kehitaman di bagian punggung.

Untuk harga yang dibandrol Sapi jawa yang terdapat di DZ Aqiqah Purwakarta ini hanya dibandrol dengan harga mulai 14 juta Rupiah saja. Berat badannya berkisar antara 200 – 350 kg. Untuk harga per kilogram dagingnya ialah 65 ribu Rupiah.

  1. Sapi Madura

Sapi madura ini dikatakan sapi yang multifungsi. Karena sapi ini bisa dijadikan sebagai alat transportasi, sapi kerja maupun sapi potong. Sapi jenis ini memiliki ukuran tubuh yang bagus, daging yang bagus serta memiliki kulit yang berkualitas.

Untuk harga yang dibandrol sapi Madura tak jauh berbeda dengan harga sapi jawa, sapi madura pun memiliki harga yang sama yakni mulai dari 14 juta Rupiah saja. Berat badannya berkisar antara 200 -350 kg. Untuk harga per kilogram dagingnya ialah 65 ribu Rupiah.

  1. Sapi Bali

Sapi Bali ini mudah dikenal melalui tekstur dan warna kulitnya. Ciri khas dari sapi Bali ini ialah memiliki bulu yang halus dan pendek dan ketika dilihat dari jauh tampak mengkilap. Pada umumnya sapi bali betina memiliki warna merah cokelat atau kuning cokelat, sedangkan sapi bali jantan berwarna hitam.

Untuk harga yang dibandrol api Bali memiliki harga yang sedikit lebih murah dibandingkan dengan sapi Jawa dan sapi Madura. Harga yang dibandrol untuk sapi Bali ini ialah mulai dari 13 juta Rupiah saja. Berat badannya berkisar antara 200 – 350 kg. Untuk harga per kilogram dagingnya ialah 63 ribu Rupiah.

Demikianlah informasi yang disampaikan. Semoga menjadi bekal untuk sahabat aqiqah Purwakarta sekalian dalam melaksanakan qurban. Mengingat pelaksanaan qurban juga memerlukan persiapan tak hanya budget saja, namun juga ilmu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *