Harga Sapi dan Domba Kurban Tahun Ini di Purwakarta

Harga Sapi dan Domba Kurban Tahun Ini di Purwakarta

Harga Sapi dan Domba Kurban Tahun Ini di Purwakarta

Harga Sapi dan Domba Kurban Tahun Ini di Purwakarta
Harga Sapi dan Domba Kurban Tahun Ini di Purwakarta

Assalamualaikum sahabat aqiqah, pada tahun ini sudahkah sahabat aqiqah merencanakan kurban di Purwakarta dan/atau aqiqah di Purwakarta, mari simak pembahasan tentang harga sapi dan domba kurban tahun ini di Purwakarta berikut.

Dalil Pelaksanaan Ibadah Kurban

Dalil yang menjadi dasar untuk melakukan ibadah kurban adalah: ”Siapapun yang memiliki kelapangan tapi tidak melaksanakan kurban, maka janganlah mendekati tempat shalat kami”. (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Hakim menshahihkannya).

Dalil dari Pelaksanaan Ibadah Aqiqah

Dalil yang mendasari pelaksanaan ibadah aqiqah adalah hadits dari Samuroh bin Jundub, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap anak tergadaikan dengan akikahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, digundul rambutnya dan diberi nama.” (HR. Abu Daud no. 2838, An Nasai no. 4220, Ibnu Majah nol. 3165, Ahmad 5/12. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Ketentuan Hewan Kurban dan Aqiqah

Hewan yang akan dikurbankan oleh sahabat aqiqah hendaknya terpenuhi segala persyaratannya supaya sah, yakni meliputi hal-hal berikut ini.

Macamnya hewan

Hanyalah hewan ternak yang dapat dijadikan sebagai hewan kurban, yaitu meliputi hewan kurban berupa sapi, unta, kambing, dan domba.

Umur hewan

Hewan kurban berupa domba minimal harus sudah berumur setengah tahun lebih atau telah memasuki umur bulan ke tujuh, sedangkan untuk hewan kurban berupa kambing  minimal umurnya haruslah sudah satu tahun lebih atau memasuki umur di tahun ke dua, adapun sapi maka minimal umurnya haruslah sudah dua tahun lebih atau memasuki umur tahun ke tiga.

Tidak cacat

Hewan yang hendak dikurbankan tidak boleh cacat, sehingga membuat tidak sah menjadi hewan kurban, yaitu tidak boleh pincang, buta dan juga lumpuh, patah kaki, sakit, juga sangat kurus kering tubuhnya sehingga tidak ada lemaknya lagi, tanduknya tercabut dan putus telinganya.

Kejelasan status sah dan kehalalan hak milik hewan

Hewan kurban yang akan dikurbankan akan sah jika resmi serta secara halal telah menjadi milik sahabat aqiqah. Hewan yang menjadi milik orang lain, atau hewan yang berstatus digadaikan, atau hewan warisan yang belum dibagi kepada seluruh hak waris, tidak bisa dijadikan hewan kurban. Sehingga hewan kurban haruslah sah status kepemilikannya, dan bukanlah hasil dari pencurian dan perampokan maupun hasil kejahatan lainnya, dan halal juga asal uang yang digunakan untuk membeli hewan tersebut, bukanlah hasil riba, hasil mencuri dan merampok, juga bukan dari hasil korupsi.

Pelaksanaan penyembelihan hewan

Waktu penyembelihan hewan yang akan dikurbankan haruslah tepat waktu, tidak boleh dilakukan sebelum atau sesudah waktunya.

Harga Sapi dan Domba Kurban Tahun Ini di Purwakarta

Harga hewan kurban berupa sapi di Purwakata pada tahun ini, sahabat aqiqah, adalah mulai dari 14 juta Rupiah per ekor, bergantung pada usia dan bobotnya, sedangkan  untuk hewan kurban berupa domba di Purwakarta pada tahun ini kisaran harganya adalah mulai dari 2 juta Rupiah per ekor, bervariasi juga bergantung pada usia dan bobotnya. Sapi dapat menjadi hewan kurban bagi tujuh orang, sedangkan untuk kambing atau domba hanya dapat menjadi hewan kurban bagi satu orang per ekornya, meskipun pada saat peniatannya dapat juga diniatkan juga berkurban bagi keluarganya, sebagaimana dulu Nabi juga pernah berkurban dengan meniatkannya bagi umat beliau yang tidak mampu berkurban. Sedangkan jumlah hewan kurban yang boleh dilakukan oleh satu orang tidak ada batasan maksimalnya, sehingga satu orang pun boleh berkurban sebanyak lebih dari satu jenis dan satu ekor hewan kurban pada setiap tahunnya.

Cara Memilih Hewan Kurban dan Aqiqah yang Baik

Disamping mempertimbangkan faktor harga, sahabat aqiqah sebaiknya juga memperhatikan asal hewan juga cara menernakkannya, yaitu pilihlah yang natural alami, di Purwakarta ini sahabat aqiqah bisa mendapatkan hewan yang berasal dari dan diternakkan pada desa Bojong, atau desa Garokgek, atau desa Darangdan, atau desa Wanayasa. Cermati lalu belilah hewan yang tidak sedang sakit, tidak memiliki kecacatan dan sudah cukup umurnya.

Demikianlah sahabat aqiqah pembahasan tentang harga sapi dan domba kurban tahun ini di Purwakarta, semoga dapat menjadi masukan sebelum sahabat aqiqah melaksanakan kurban di Purwakarta atau

aqiqah di Purwakarta di tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *